PRIMORDIALISME dan ETNOSENTRISME

Posted by Unknown on 23.31
PRIMORDIALISME dan ETNOSENTRISME


Tersebarnya banyak unsur kebudayaan daerah dari suku-suku bangsa diseluruh kepulauan Indonesia dapat memperkaya khazanah kebudayaan nasional. Namun keanekaragaman tersebut juga dapat menimbulkan kontraversi dan konflik. Primordialisme dan Etnosentrisme. Dua sikap itu dapat menimbulkan disintegrasi bangsa.

a. Primordialisme

Primordialisme merupakan faktor penting untuk memperkuat ikatan golongan suatu kelompok kebudayaan yang bersangkutan. Primordialisme dapat menimbulkan dampak positif dan negatif, diantaranya :

1. Dampak positif

a) Meneguhkan cinta tanah air

b) Mempertinggi kesetiaan terhadap bangsa

c) Menambah semangat patriotisme

d) Menjaga keutuhan dan kestabilan budaya

2. Dampak negatif

a) Menghambat hubungan antar bangsa

b) Menghambat asimilasi dan integrasi

c) Mengurangi objektivitas IPTEK

d) Terjadi diskriminasi

Nah, abis primordialisme ini membahana, baru deh bakal lahir yang namanya etnosentrisme..

b. Etnosentrisme

Etnosentrisme adalah sikap memiliki unsur-unsur kebudayaan lain dengan menggunakan kebudayaan sendiri. Sikap ini menganggap cara hidupnya paling baik lho.. Wah.. sama seperti primordialisme, etnosentrisme juga punya dampak positif dan negatif lho..

1. Dampak positif

Etnosentrisme dapat menimbulkan solidaritas kelompok yang sangat kuat. Buktinya adalah hampir setiap individu merasa bahwa kebudayaannya adalah yang paling baik dibanding kebudayaan lain.

2. Dampak negatif

Bila suatu suku bangsa menganggap suku bangsa lain lebih rendah, maka akan menimbulkan konflik yang bisa menjerumus kedalam kasus SARA. Selain itu dampak negatif yang lebih luas dari sikap etnosentrisme adalah terhambatnya proses intregasi nasional.


Hmhh.. ternyata seperti itu dampak primordialisme dan etnosentrisme. Alangkah baiknya kita tahu terlebih dahulu sebelum kita terjerumus dalam sikap yang seperti itu. Kan demi menjaga keutuhan bangsa dan melestarikan hubungan antar suku bernegara.





Copyright © 2009 Budaya Kita All rights reserved. Theme by Laptop Geek. | Bloggerized by FalconHive.